Korsleting Listrik, Api Menyambar Ruko Percetakan di Sidikalang

0
495

SIDIKALANG, DaiRIposToday.com – Bangunan rumah toko (Ruko) usaha percetakan di Jalan Pegagan nomor 7, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (15/4/2021) malam sekitar pukul 20.00 WIB hangus terbakar. Diduga penyebab kebakaran akibat korsleting listrik.

Informasi didapat dari Kepala Lingkungan (Kepling) VIII, Pandapotan Matondang, Ruko yang terbakar milik Marga Sagala yang disewa oleh Barabas Lubis (42) warga Desa Kalang, Kecamatan Sidikalang.

Disebutkannya, terjadinya kebakaran diketahui setelah lampu di rumahnya berkedip-kedip dan setelah di cek keluar rumah dia melihat percikan api menjalar dari kabel listrik ke Ruko tempat usaha percetakan milik Barabas Lubis yang tepat berada di depan rumahnya.

“Melihat api mulai membakar ruko, saya pun meminta tolong warga sekitar dan menghubungi Lurah dan Camat Sidikalang, selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran (Damkar),” kata Pandapotan.

Ia melanjutkan, api dalam waktu sekejal langsung membesar dan membakar isi bangunan yang berada di lantai 2 bangunan Ruko.

Pantauan di lokasi, warga hanya bisa menyelamatkan barang-barang yang berada di lantai dasar setelah merusak pintu Ruko. Masih dari pantauan wartawan, api dapat dipadamkan 1 jam kemudian, setelah 3 unit Damkar diterjunkan ke lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, karena alat percetakan yang berada di lantai 2 hangus terbakar. Selain menghanguskan Ruko yang ditempati Barabas Lubis, Tiga unit Ruko yang berada di sebelah kanan dan kiri, yakni milik Arman Simarmata, S Sianturi dan S Sitohang terpaksa dibongkar paksa, karena pada saat kebakaran seluruh Ruko dalam keadaan kosong.

Dalam kebakaran itu, Camat Sidikalang Robot Simanullang dan Lurah Sidikalang Anjas Ujung langsung turun ke lokasi bersama warga membantu menyelamatkan barang-barang milik korban. (FG)

Leave a reply