5 Rumah Luluh Lantak di Parbuluan Dihantam Puting Beliung

0
233

SIDIKALANG, DaiRIposToday.com – Wilayah Kabupaten Dairi Sumatera Utara kembali dihantam bencana alam angin puting beliung, setelah sebelumnya jga terjadi di Kecamatan Tigalingga dan Sidikalang, kali ini giliran Kecamatan Parbuluan yang terkena dahsatnya angin tersebut, Kamis (18/3/2021) sore kemarin.

Akibat kejadian itu, sedikitnya 5 unit rumah milik warga yang posisinya berada di perladangan Dusun IV Desa Parbuluan VI, mengalami kerusakan parah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena saat kejadian warga sedang berada di ladang. Namun kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Karena semua rumah warga yang terkena bencana alam atapnya terbang terbawa angin, bahkan ada yang sampai rata dengan tanah.

Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsub Sektor Parbulaun Iptu M Agus Santoso SH mengatakan, bencana alam angin puting beliung yang menerjang pemukiman warga di Dusun IV Desa Parbuluan VI mengakibatkan 5 rumah milik warga mengalami kerusakan parah.

Disebutkannya, rumah warga yang mengalami kerusakan, yakni milik Jahoras Matanari (65), Hendri Bancin (31), Jusman Naibaho (47), Martogi Sinurat (23), Julianus Siringoringo (48). Pada saat kejadian para pemilik rumah sedang berada di perladangan, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

“Akibat kejadian itu Polri turut merasakan penderitaan yang dialami warga dan kami juga melaporkannya kepada atasan,” kata Agus.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi Sahala Tua Manik melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fery Naibaho saat dikonfirmasi melalui Whatshapp menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam itu.

“Ada 5 unit rumah warga yang mengalami kerusakan, dan BPBD akan secepatnya memberikan bantuan dan stimulan sesuai perhitungan kerugian,” sebut Fery Naibaho. (Dapos/ FjG)

Leave a reply