BRI Sidikalang Berikan Dukungan Penuh pada Program ‘Dairi Go Digital’

0
53

SIDIKALANG – Sebagai Bank milik Pemerintah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus memberikan dukungan penuh dalam hal mensukseskan program pemerintah dalam bidang perbankan. Hal ini jugalah yang ditunjukkan oleh Bank BRI Cabang Sidikalang yang memberikan dukungan penuh kepada Pemkab Dairi dalam bidang perbankan di wilayah Kabupaten Dairi.

Saat ini, pemerintah baik di tingkat Pusat dan Daerah terus berbenah merealisasikan transformasi ke era digital di masa Pandemi Covid-19 yang merupakan salah satu upaya meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Termasuk Pemkab Dairi yang saat ini sedang melakukan percepatan transformasi ke era digital dalam berbagai sektor layanan publik yang dimiliki yang dikenal dengan Program ‘Dairi Go Digital’.

Mewujudkan program inilah, BRI Sidikalang pun hadir memberikan dukungan penuh kepada Pemkab Dairi di sektor transaksi keuangan dan perbankan.

Pimpinan Cabang BRI Sidikalang, Agung Prasetyo mengatakan atas kerjasama yang sangat baik antara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PD Pasar Sidikalang, Disperindagkop Kabupaten Dairi dan juga dukungan penuh Bapak Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu serta jajaran Pemkab Dairi yang mana pada akhirnya mampu mewujudkan penggunaan aplikasi QRIS di tempat-tempa pelaku usaha UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Dairi dan mewujudkan Web Pasar BRI di Pasar Sidikalang.

“Kami BRI mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Dairi yang tidak pernah berhenti untuk selalu bersemangat dalam merealisasikan Dairi Go Digital. Kami BRI siap mendukung sepenuhnya Program Dairi Go Digital, khususnya terkait dengan Digitalisasi UMKM dan Smart City yang dicanangkan oleh beliau,” ujar Agung Prasetyo.

Ia menyampaikan, pihaknya bersama Pemkab Dairi yang diwakili langsung oleh Bupati Eddy Berutu telah launching Aplikasi QRIS dan Web Pasar BRI pada Rabu, 30 September 2020 lalu.

“Hal itu menjadi tonggak sejarah baru bagi Kabupaten Dairi, khususnya Pasar Sidikalang. Selain QRIS yang kita launching kita juga sekaligus launching Web Pasar BRI,” ungkapnya.

Agung Prasetyo menerangkan Web Pasar BRI merupakan Support Bank BRI kepada pengelola dan pedagang pasar, berupa website yang berisikan informasi pedagang dan barang dagangannya, yang dapat diakses secara luas khususnya oleh calon pembeli dengan tujuan menghubungkan pedagang dan pembeli untuk dapat bertransaksi secara online (tanpa tatap muka).

Saat ini di seluruh Kabupaten Dairi sudah terdapat sekitar 138 Pelaku UMKM yang tergabung di Web pasar BRI. Khusus di Pasar Sidikalang saat ini sudah 80 pedagang yang tergabung di dalam Web Pasar BRI.

Masyarakat dapat mengakses halaman Web Pasr BRI melalui www.pasar.id kemudian dengan otomatis akan diberikan pilihan pasar terdekat dari lokasi tersebut.

“Silahkan pilih pasar, pilih pedagang dan lakukan transaksi jual beli antara pembeli dan pedagang. Proses pembayaran dapat melalui cara transfer maupun QRIS (non tunai), kemudian nanti akan ada kurir yang mengantarkan barang belanjaan tersebut sampai di rumah pembeli. Demikian metode transaksi di Web Pasar BRI,” terang Agung Prasetyo.

Sementara itu, Wakil Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Andi S Wijayana yang turut menyaksikan secara langsung launching QRIS dan WEB Pasar BRI di Pasar Sidikalang menyampaikan program kerjasama yang dilakukan oleh Bank BRI dan Pemkab Dairi di Pasar Sidikalang sebuah inovasi yang patut diapresiasi. Menurutnya, untuk di tingkat Sumatera, Dairi lah yang menjadi daerah yang pertama melakukan inovasi di sektor transaksi keuangan ini yakni dengan diluncurkannya Web Pasar BRI oleh BRI Sidikalang bersama Pemkab Dairi.

“Untuk kawasan Sumatera Utara, inilah yang pertama. Dan untuk ukuran Indonesia pun belum banyak yang bisa melakukan hal ini, yakni suatu proses dimana pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi secara digital dan nanti penjual berhubungan dengan pemda, juga melakukan transaksinya dengan digital,” ujar Andi S Wijayana.

Leave a reply