Kepengurusan KMDT Dairi Periode 2020-2025 Terbentuk

0
50

SIDIKALANG – Dewan Pengurus Daerah Komite Masyarakat Danau Toba (DPD KMDT) Kabupaten Dairi periode 2020-2025 dilantik pada Senin (5/10/2020) di Gedung Balai Budaya Sidikalang.

Pengurus DPD KMDT tersebut dilantik langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) KMDT Edison Manurung, SE, MH dan disaksikan oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Dandim 0206 Dairi Letkol. Arm. Adietya Yuni Nurtono, Kapolres Dairi AKBP. Ferio Sano Ginting, S.I.K serta para pengurus DPP KMDT.

Adapun kepengurusan DPD KMDT Kabupaten Dairi periode 2020-2025 yang dilantik yakni Wanseptember Situmorang didaulat sebagai Ketua dijabat dan untuk jabatan Sekretaris dipercayakan kepada Muntilan Nababan, sementara yang menjadi Bendahara adalah Gabriella Ujung.

Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung dalam sambutannya menyampaikan bahwa KMDT merupakan organisasi independen dan telah berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk kemajuan pariwisata di setiap provinsi.

Edison menuturkan bahwa Sumatera Utara juga dicanangkan sebagai barometer ekonomi serta memberdayakan kearifan lokal.

“Dalam enam bulan tidak ada program dan progres pengurus KMDT, maka akan dilakukan pergantian pengurus,” tegas Edison.

Sementara itu, Ketua DPD KMDT Kabupaten Dairi yang baru dilantik Wan September Situmorang dalam sambutannya menyampai kan rasa terima kasih kepada Ketua Umum DPP KMDT karena telah melantik pengurus KMDT Kabupaten Dairi periode 202-2025.

“Dengan amanah yang diberikan Ketua Umum KMDT kepada kami, KMDT Kabupaten Dairi akan dapat berbuat dan berkarya untuk Kabupaten Dairi,” ujarnya.

Usai dilantik oleh Ketua Umum DPP KMDT, Ia mengatakan DPD KMDT Kabupaten Dairi akan langsung melakukan aksi nyata dengan melakukan penanaman pohon di lakukan di kawasan Silahisabungan pada Selasa (6/10/2020).

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan itu menyampaikan dalam sambutannya bahwa KMDT terbentuk atas keterpanggilan komunitas Danau Toba yang mempunyai misi yang sama untuk memajukan kawasan Danau Toba.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Dairi dengan visi mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman siap mendukung dan memberikan apresiasi atas kehadiran KMDT di Kabupaten Dairi. KMDT dikatakan Bupati Eddy Berutu sebagai organisasi masyarakat yang fokusnya di bidang pariwisata diharapkan akan dapat membantu mempromosikan kawasan Danau Toba khususnya Tao Silalahi yang mempunyai daya tarik bagi para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

“Banyak sekali situs yang ada di Tao Silalahi yang harus dikonservasi sehingga menjadi perhatian dunia dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dengan senang hati menyambut inisiatif dari KMDT untuk bersinergi dengan Pemerintah, berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk membangun Tao Silalahi dan Kabupaten Dairi pada umumnya. Konservasi tourism dikatakan Beliau menjadi salah satu andalan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke kawasan Danau Toba khususnya kawasan Tao Silalahi yang menawarkan keindahan alam serta keindahan adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

“Kiranya kehadiran KMDT bisa bersinergi dengan Pemerintah dan Pemerintah bersama dengan Unsur Forkopimda siap untuk membantu KMDT dalam hal untuk memajukan kawasan Danau Toba khususnya kawasan Tao Silalahi,” pungkas Bupati Eddy Berutu.

Leave a reply