HUT DAIRI KE 73 Realisasikan Berbagai Program Menuju Dairi Unggul

0
54

SIDIKALANG, DaiRIposToday.com – Di Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 berbagai program telah direalisasikan oleh Pemkab Dairi di bawah kepemimpinan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing untuk mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Realisasi berbagai program yang dilakukan oleh Pemkab Dairi ini sebagai bentuk nyata kinerja dari segenap jajaran pemerintahan yang ada di lingkup pemerintahan Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu pun menyampaikan dan menguraikan dengan gamblang berbagai capaian dan pelaksanaan program yang telah dilakukan oleh pihaknya dan jajarannya di hadapan para Anggota DPRD Kabupaten Dairi dalam Sidang Istimewa DPRD Kabupaten Dairi dalam rangka Hari Jadi Dairi ke-73 Tahun 2020 yang digelar di Gedung DPRD Dairi, 1 Oktober 2020 lalu.

Adapun berbagai program yang telah dilakukan dan dijalankan diantaranya;

1. Penyederhanaan Organisasi
Dalam rangka peningkatan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pada Tahun 2019 telah dilakukan penyederhanaan organisasi melalui penetapan Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Dairi, dimana Perangkat Daerah yang sebelumnya 47, disederhanakan menjadi 40 perangkat daerah.

2. Kartu Tani
Dalam mengatur dan mengelola distribusi pupuk bersubsidi Pemerintah Kabupaten Dairi menetapkan Peraturan Bupati Dairi Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kartu Tani dan sampai dengan bulan Februari Tahun 2020, Kartu Tani yang sudah tersalur sampai dengan 28 September 2020 sebanyak 25.565 kartu, dan terdapat 3 Kecamatan yang sudah terealisasi mendekati100% sesuai dengan data E-RDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok), yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Gunung Sitember dan Kecamatan Berampu.

3. Public Safety Center (PSC) 119
Di Sektor Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Dairi membentuk Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center) PSC 119 yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati Dairi Nomor 553/370/VI/2019. PSC 119 bertujuan memberikan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan medis, kecelakaan lalu lintas dan bencana. Posko PSC 119 Kabupaten Dairi aktif selama 24 jam dan beralamat di JL.Sisingamangaraja Nomor 148 C Kelurahan Sidikalang, Kecamatan Sidikalang dengan nomor kontak 0627-2521808 dan 0823 6888 2119.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita bersyukur karena mobil ambulance untuk PSC 119 telah dapat kita tambah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Hal ini menjadi sebuah apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas program dan kerja-kerja kita di sektor kesehatan. Pemerintah Kabupaten Dairi tentunya sangat bersyukur atas apresiasi dimaksud, sekaligus menjadikannya sebagai penyemangat untuk semakin fokus, semakin giat dan semakin gigih dalam meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat.

Penambahan 3 (tiga) unit ambulance yang ada di PSC ini nantinya akan sangat membantu dalam menciptakan atau mewujudkan layanan tanggap darurat kesehatan, dimana ketersediaan ambulance menjadi salah satu kunci utamanya.

Sebagai tambahan, untuk penanganan COVID-19 di Kabupaten Dairi, pada tanggal 16 April 2020 kita juga mendapatkan bantuan 1 unit mobil Ambulance dari PT.Dairi Prima Mineral.

4. Bus Sekolah Gratis
Di sektor pendidikan Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan terobosan memberikan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah. Pelaksanaan inovasi Bus Sekolah Gratis ini disamping untuk membantu perekonomian masyarakat, program ini juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar. Fasilitas bus gratis diperuntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum dimana anak-anak sekolah kesulitan dari rumah menuju sekolah. Saat ini kita telah mengajukan pengadaan bus sekolah sebanyak 15 unit melalui Kementerian Perhubungan, dan kita harapkan Tahun 2021 dapat direalisasikan oleh Kementerian Perhubungan.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73

5. Penerapan Smart Farming
Di Sektor Pertanian, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanian, serta mempermudah pengaturan logistik pertanian, Pemerintah mulai memberlakukan penggunaan teknologi smart farming 4.0. Saat ini pilot project masih fokus pada komoditi kopi melalui peningkatan produktivitas, informasi cuaca, informasi kondisi tanah, informasi kondisi tanaman dan solusi/ treatment yang dilakukan sehingga akan mendapatkan informasi secara real time.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73

6. Penerapan Transaksi Non Tunai
Dalam beberapa sektor, pemerintah Kabupaten Dairi telah mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai, diantaranya :
a. BPHTB Online Host to Host
Untuk pengoptimalan pendapatan asli daerah di Kabupaten Dairi telah dilaksanakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Dairi dan Badan Pertanahan Nasional Kab. Dairi melalui perjanjian kerja sama (PKS) tentang Pendaftaran dan Pensertifikatan Tanah, Pengintegrasian Data Pertanahan dengan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P-2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pengintensifan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB- P-2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB);

b. Quick Respon Code Indonesian Standart (QRIS)
Pada tanggal 16 Juli 2020 Pemerintah Kabupaten Dairi menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara terkait pengembangan ekonomi daerah dan keuangan digital yang salah satunya adalah program QRIS (Quick Respon Code Indonesia Standard).

c. QRIS, Web Pasar dan Ojek Kita di PD.Pasar Sidikalang
Untuk saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi yang bekerjasama dengan BRI Cabang Sidikalang telah mendorong penggunaan QRIS dalam transaksi perdagangan dan Sampai dengan saat ini total penggunaan QRIS oleh pedagang adalah 92. Web Pasar Sidikalang bekerjasama dengan BRI juga menyediakan layanan belanja melalui internet di pasar-pasar di Kabupaten Dairi dan pembayarannya dilakukan secara non tunai menggunakan QRIS dan pengantaran barang tersebut bekerjasama dengan UKM OJEK KITA.

d. Penggunaan QRIS di Rumah Ibadah
Untuk penerapan QRIS di rumah ibadah sangat penting dalam meminimalisir penyebaran COVID-19 melalui uang tunai. Hal ini sudah kita dorong dan sosialisasikan kepada masing-masing pengurus rumah ibadah. Dan melalui BRI untuk rumah ibadah sudah disediakan layanan QRIS di rumah Ibadah HKBP Perkembangan, GBKP Sidikalang, Paroki Sidikalang dan Masjid Agung Sidikalang dan untuk rumah ibadah lainnya akan terus kita sosialisasikan.

e. Pembayaran Gaji dan Belanja di Pemerintah Kabupaten Dairi (Semua OPD Kab.Dairi)
Dalam rangka mendorong ekonomi digital, penerapan transaksi non tunai juga sudah diterapkan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pembayaran gaji ASN dan non ASN serta pembayaran belanja setiap kegiatan.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73

7. Fasilitas Hemodialisa dan Cuci Darah
Saat ini di Rumah Sakit Umum Sidikalang telah tersedia Ruangan Hemodialisa atau Ruangan Cuci Darah yang kita harapkan akan sangat membantu masyarakat Kabupaten Dairi yang membutuhkan, terkhusus penyakit-penyakit kronis.

Ruangan Hemodialisa atau Ruangan Cuci Darahini selain untuk melayani pasien yang ada di Kabupaten Dairi, diharapkan juga dapat melayani pasien dari Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Samosir mengingat di Kabupaten tetangga tersebut belum tersedia Hemodialisa.

8. Pembuatan Website disperpusip.dairikab.go.id.
Untuk meningkatkan layanan perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Dairi, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi telah menyediakan website disperpusip.dairikab.go.id. Mulai hari ini, 1 Oktober 2020, website disperpusip.dairikab.go.id sudah dapat dipergunakan masyarakat Kabupaten Dairi yang dalam website tersebut terdiri dari 4 (empat) aplikasi :
a. Pendaftaran Keanggotaan Secara Online;
b. OPAC (Online Publik Access Catalog) penelusuran buku yang ada di perpustakaan/koleksi buku cetak;
c. Aplikasi iDairi (Buku Digital);
d. Aplikasi ipusda Dairi Unggul (Perpustakaan Digital).

9. Pembuatan Aplikasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PERKEBBAS)
PERKEBBAS merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang mana dirancang dan diciptakan untuk mewujudkan digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, cepat dan transparan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Mulai hari ini, 1 Oktober 2020, aplikasi PERKEBBAS sudah dapat dipergunakan masyarakat Dairi untuk urusan kependudukan dan pencatatan sipil, antara lain :
1. Penerbitan KK Baru;
2. Penerbitan KK karena perubahan data;
3. Penerbitan KK karena hilang atau rusak;
4. Permohonan KTP;
5. Akta Kelahiran, dan
6. Akta Perkawinan.

Untuk ke 6 pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di atas dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan.

Pelayanan pencatatan sipil melalui aplikasi PERKEBBAS akan sangat membantu masyarakat, dimana kedepan pada saat masyarakat mendapatkan pelayanan persalinan di Rumah Sakit maupun di Puskesmas, akan langsung bisa diterbitkan Akte Lahir anak dan Perubahan Kartu Keluarga.

10. Pengembagan di Sektor Kepariwisataan
Pada Sektor Kepariwisataan, keberadaan dermaga terapung di Kecamatan Silahisabungan yang dibangun pada Tahun 2019 menarik banyak minat wisatawan. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Dairi juga telah menetapkan kawasan desa wisata di Kabupaten Dairi sebanyak 15 (lima belas) desa wisata. Desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayah mereka agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung.

11. Pengembangan di Sektor Pertanian
Dalam rangka mewujudkan akselerasi kejayaan kopi Sidikalang, maka Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi telah melakukan pembinaan petani kopi melalui Koperasi Cimata sebagai offtaker. Sampai dengan saat ini telah dilakukan penanaman kopi arabika sebanyak 377.829 batang dan 189 Ha oleh mitra binaan yang tersebar di Kecamatan Sidikalang (113.000 batang), Kecamatan Sumbul (111.000 batang), Kecamatan Sitinjo (63.000 batang), Kecamatan Siempat Nempu Hulu (39.000 batang), Kecamatan Parbuluan (39.000 batang) dan Kecamatan Pegagan Hilir (11.000 batang). Bibit disediakan oleh offtaker bekerjasama dengan PT.Wahana Graha Makmur dan pada saat panen akan dibeli dengan harga yang disepakati oleh offtaker dengan petani.

Kabupaten Dairi juga mendapatkan alokasi bantuan Pemerintah Pusat berupa Padi Gogo Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 5.000 ha pada tahun 2020, sesuai dengan surat direktur serealia nomor : b.457/tu.020/c.3/08/2020 tanggal 3 Agustus 2020. Sampai saat ini sudah teridentifikasi melalui CPCL seluas 846 Ha dan usulannya telah disampaikan ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara.

12. Pengembangan di Sektor Kerajinan
Dekranasda Kabupaten Dairi terus mengembangkan tenun ulos silalahi agar dapat dikenal masyarakat dalam maupun luar negeri terutama pengembangan tenun ulos silalahi yang ramah lingkungan dengan menggunakan pewarna alami yang bersumber dari alam yang ada di Kecamatan Silahisabungan. Yang dulunya ulos digunakan dalam adat istiadat, saat ini ini dikembangkan menjadi eco fashion dan sudah dipromosikan sampai ke luar negeri.

Tidak hanya itu, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu juga memaparkan bahwa dengan pembenahan tata kelola pemerintahan yang dijalankan selama kepemimpinannya, dengan berbagai hal yang telah dilakukan dalam kurun waktu yang lalu, pada satu tahun ini Pemkab Dairi telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Pemerintah atasan, yang merupakan wujud apresiasi Pemerintah atas konsep, visi, misi dan gerakan pembangunan di daerah Kabupaten Dairi yakni:
1. Penghargaan Apresiasi Anugerah Parahita Ekapraya dari Gubernur Sumatera Utara dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG);
2. Penghargaan terbaik kedua atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.
3. Penghargaan Tingkat Pratama Kabupaten Layak Anak Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI;
4. Juara Harapan III tingkat Kabupaten/ Kota dalam Jambore Tegnologi Tepat Guna (TTG) XIX tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019;
5. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, yang merupakan ke keenam kalinya secara berturut-turut;
6. Penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara kepada Bupati Dairi pada tanggal 23 Oktober 2019 atas partisipansinya dalam upaya pengurangan risiko bencana melalui Program Desa/Kelurahan tangguh (Destana/Keltana) di Provinsi Sumatera Utara;
7. Penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara kepada Bupati Dairi pada tanggal 15 Juni 2020 atas Kerjasama dan Dukungan terhadap Program Jaring Pengaman Sosial dalam bentuk Penyaluran Paket Sembako Kepada Masyarakat Penerima Manfaat dalam penanganan COVID-19 di Sumatera Utara;
8. Penghargaan dari Kepala Badan Pusat Statistik Pusat atas Prestasinya sebagai Kabupaten dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online;
9. Penghargaan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Persentase Penduduk Respon dalam capaian yang sangat baik pada pelaksanaan Sensus Penduduk yang diterima pada Bulan Juli 2020 dari Gubernur Sumatera Utara dan Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara.

“Tanpa dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak, program yang kita rencanakan tidak akan dapat terlaksana dengan baik dengan tepat sasaran. Kita yakini bersama apa yang sudah kita laksanakan dan persembahkan untuk Kabupaten Dairi dalam kurun waktu 1 Tahun ini adalah buah kerjasama dari seluruh stakeholder dan perlu untuk dilanjutkan dan dievaluasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi.” tutup Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu.

Leave a reply