TPPI Dairi Ikuti Gebyar Layang-Layang Batik Desa

0
57

SIDIKALANG – Dalam rangka memperingati hari batik nasional tahun 2020, Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI mengadakan kegiatan Gebyar Layang-Layang Batik (GELATIK) secara daring di tempat terbanyak diseluruh wilayah indonesia secara serentak Kegiatan ini bertempat di Aloi View KM 12 Silumboyah Kecamatan Siempat Nempu Hulu pada, 6 Oktober 2020 yang langsung dikoordinatori oleh July Handayani Sinaga selaku TA PMD Kabupaten Dairi.

Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Kabupaten Dairi mengikuti kegiatan yang dimaksud dengan membentuk 1 tim penerbang layangan, terdiri dari 21 orang yakni 10 orang pemain utama dan 10 orang pemain pendukung serta 1 orang admin.

Meski cuaca kurang mendukung disebabkan karena hujan sejak dari pagi menjelang waktu pelaksanaan penerbangan layang-layang, namun acara tetap dapat berjalan sebagaimana rencana awal.
Kegiatan ini diikuti oleh 33 provinsi, 297 Kabupaten/Kota dan 315 Tim se Indonesia. Hastag #GelatikDesa masuk trending topik ke 2 (12.31 Wib). Yang pada akhirnya kegiatan ini mencatatkan sejarah dan mendapatkan penghargaan rekor muri dunia dalam rangka siaran langsung menerbangkan layang-layang batik (gelatik) secara daring di tempat terbanyak.

July Handayani selaku koordinator tim Dairi mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang pertunjukan bahwa kita bangsa Indonesia mempunyai satu warisan budaya yang patut untuk kita lestarikan dan kembangkan yakni Batik sebagai Identitas bangsa. Serta bentuk kebanggaan kita atas kearifan lokal yang kita punya.

Songli Tatajo Lingga selaku Pendamping Desa Pemberdayaan sekaligus sebagai salah satu pemain utama dalam menerbangkan layangan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan GELATIK terkhusus di kabupaten Dairi, beliau berharap Kabupaten Dairi ke depan dapat mengembangkan Batik yang berciri khas (motif) sebagai kearifan lokal masyarakat Dairi.
Karena masing-masing daerah di Indonesia memiliki motif batik tersendiri yang menjadi identitas kebanggaan daerah masing-masing.

“Melalui pendamping desa, kedepan bisa menggali potensi-potensi yang ada di tengah-tengah masyarakat desa di kabupaten dairi untuk mengembangkan dan usaha pelestarian batik ini.
Selamat hari batik nasional 2 oktober 2020, dan selamat dan sukses atas penghargaan rekor muri dunia, semoga momentum ini menjadi tanda kebangkitan ekonomi produk dalam negeri. Cintailah Produk-produk Indonesia.” ujar Songli.

Leave a reply