Percepatan Kawasan Wisata Danau Toba Membutuhkan SDM Unggul

0
61

SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjadi narasumber dalam web seminar (webinar) yang diadakan oleh Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) pada Senin (5/10/2020) yang dilaksanakan melalui video conference (vicon).

Webinar tersebut mengangkat tema Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dalam Percepatan Kawasan Danau Toba di era Jokowi yang diikuti oleh Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung, Ketua DPD KMDT Kabupaten Dairi Wanseptember Situmorang, serta para narasumber lainnya yakni Ketua Dewan Pakar Prof. Dr. Robert Sibarani serta Bupati Karo yang diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Karo.

Dalam paparan materinya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjalankan pembangunannya adalah membangun kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya saing.

Misi tersebut dikatakan Bupati Eddy Berutu sesuai dengan pemahaman bahwa tanpa SDM, maka apapun yang dimiliki tidak akan dapat digunakan dalam percepatan pembangunan di suatu daerah.

“SDM kami yakini sebuah modal utama untuk dapat memimpin perbaikan kualitas hidup masyarakat dengan kualitas SDM yang Unggul,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Selain pengembangan SDM yang unggul, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi juga melakukan optimalisasi pengelolaan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan untuk pengembangan kepariwisataan, pengembangan sektor Koperasi dan UKM serta usaha ekonomi kreatif yang bermuara pada peningkatan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli daerah.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Dairi telah menetapkan 3 aspek sebagai pendorong ataupun penarik ekonomi masyarakat, yakni sektor pertanian, pariwisata dan perdagangan yang didukung dengan penuh oleh seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Dairi.

Dalam pengembangan SDM, Pemerintah Kabupaten Dairi dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengadakan kerjasama dengan berbagai BUMN misalnya PT. Inalum melalui dana CSR memberdayakan dan meningkatkan SDM para penenun yang ada di Silahisabungan sehingga kualitas tenun ulos yang dihasilkan dapat berdaya saing serta dapat meningkatkan pendapatan para penenun ulos tersebut.

Pemerintah Kabupaten Dairi juga diutarakannya saat ini tengah aktif dalam melakukan sosialisasi penggunaan pembayaran non tunai dengan menggunakan aplikasi QRIS yang bekerjasama dengan Bank BRI Sidikalang.

“Ini salah satu terobosan yang kami gunakan dalam pengembangan SDM yang Unggul dan telah kami launching kepada para pelaku usaha di Pasar Sidikalang,” ucap Eddy Berutu.

Di akhir paparannya, Bupati Eddy Berutu berharap dengan hadirnya KMDT akan dapat mampu menjembatani kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian dan lembaga vertikal lainnya untuk dapat memberikan perhatian dan bantuan yang diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Dairi.

“Melalui bantuan dana/stimulan, pelatihan, sarana dan prasarana sehingga apa yang diharapkan bersama untuk mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia yang adil dan merata dapat tercapai,’ pungkas Eddy Berutu.

Leave a reply