Pemkab Dairi Gelar Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting

0
51

SIDIKALANG, DaiRIposToday.com – Pemerintah Kabupaten Dairi menggelar ‘Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting’ yang digelar di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Senin (10/8/2020).

Bupati Dairi, DR Eddy Kelleng Ate Berutu yang turut hadir dalam kegiatan Rembuk Aksi ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi yang berdampak serius terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Diantaranya adalah masalah gizi yang menjadi perhatian utama dengan masih tingginya kasus anak balita pendek (Stunting),” terang Eddy Berutu.

Permasalahan Stunting ini, menurut Bupati Eddy Berutu tidak bisa hanya diselesaikan melalui program gizi saja, tapi harus terintegrasi dengan program lainnya. Kompleksnya masalah stunting dan banyaknya stakeholder yang terkait dalam intervensi gizi spesifik dan sensitife memerlukan pelaksanaan yang dilakukan secara terkoordinir dan terpadu kepada sasaran prioritas.

“Penyelenggaraan intervensi gizi spesifik dan sensitif secara Konvergen harus dilakukan dengan cara mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan Stunting ini,” ucap Bupati Dairi.

Masih Dalam penuturannya, upaya konvergensi percepatan pencegahan Stunting harus dilakukan mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan hingga pemantauan dan evaluasi.

Disebutkannya, ada 8 (delapan) tahapan aksi konvergensi percepatan pencegahan Stunting, diantaranya Analisa Situasi Program Penurunan Stunting. Kedua, Penyusunan rencana kegiatan. Ketiga adalah yang dilakukan saat ini dengan menggelar Rembuk Stunting. Selanjutnya, Peraturan Bupati tentang Peran Desa. Kelima, Sistem Manajemen data Stunting. Keenam, Pengukuran data Stunting. Ketujuh, Publikasi Data Stunting. Dan terakhir, Penilaian Kinerja.

“Dari 8 tahapan diatas, kegiatan hari ini merupakan salah satunya. Untuk itu, kami menghimbau agar Rembuk Stunting ini dilakukan dengan serius dan menghasilkan komitmen yang terbaik dalam upaya mewujudkan zero Stunting di Kabupaten Dairi,” ujar Eddy Berutu.

Hadir dalam kegiatan ‘Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting’ diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Dairi, Drs Leonardus Sihotang, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani, Tim pendamping aksi stunting Local Government Capacity Building – Acceleration Of Stunting Reduction (LGCB-ASR) dari Ditjen Bangda-Kemendagri, Pimpinan OPD lingkungan Pemkab Dairi, Para Camat dan Kepala Desa serta Pendamping Desa se-Kabupaten Dairi.

Leave a reply