Program Agri Unggul Akan Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

0
62

SIDIKALANG – Pemkab Dairi terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan misi Agri Unggul di Kabupaten Dairi. Dengan menggandeng berbagai pihak diantaranya PT Wahana Graha Makmur, Bank BNI Cabang Kabanjahe, Koperasi Kopi Cimata Makmur Dairi, Para Kelompok Tani dan juga para Petani Milenial dari Karang Taruna Kabupaten Dairi, Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu secara langsung mengajak untuk melakukan komitmen bersama untuk meningkatkan dan mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatangan bersama bentuk Komitmen yakni mewujudkan Penanaman Kopi 5000 Hektar dalam rangka melaksanakan Misi Agri Unggul di Kabupaten Dairi yang acaranya digelar bertepatan di perayaan HUT Kabupaten Dairi ke 73, Kamis (1/10/2020)

Apapun pihak-pihak yang membubuhkan tanda tangan bersama sebagai bentuk nyata dari komitmen bersama tersebut diawali dengan penandatangan yang dilakukan langsung oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu disusul kemudian oleh wakil Bupati Jimmy AL Sihombing dan diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Dairi Efendi Berutu yang merupakan bentuk komitmen dan keseriusan dari Pemkab Dairi.

Dari pihak perusahaan PT Wahana Graha Makmur penandatanganan diwakili oleh Suryo Pranoto, dan dari pihak Bank BNI diwakili oleh Pimpinan BNI Cabang Kabanjahe Aminsyah Tarihoran dan dari Koperasi Kopi Cimata Makmur Tani ditandatangani oleh ketuanya Pinto Padang. Begitu juga dari petani milenial Karang Taruna Kabupaten Dairi ditandatangani oleh Ketua Karang Taruna, Jetun Tampubolon.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan dalam rangka mewujudkan akselerasi kejayaan kopi Sidikalang, maka Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi telah melakukan pembinaan petani kopi melalui Koperasi Cimata sebagai offtaker. Menurutnya, sampai dengan saat ini telah dilakukan penanaman kopi arabika sebanyak 377.829 batang dan 189 Ha oleh mitra binaan yang tersebar di Kecamatan Sidikalang (113.000 batang), Kecamatan Sumbul (111.000 batang), Kecamatan Sitinjo (63.000 batang), Kecamatan Siempat Nempu Hulu (39.000 batang), Kecamatan Parbuluan (39.000 batang) dan Kecamatan Pegagan Hilir (11.000 batang). Bibit disediakan oleh offtaker bekerjasama dengan PT.Wahana Graha Makmur dan pada saat panen akan dibeli dengan harga yang disepakati oleh offtaker dengan petani.

“Kabupaten Dairi juga mendapatkan alokasi bantuan Pemerintah Pusat berupa Padi Gogo Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 5.000 ha pada tahun 2020, sesuai dengan surat Direktur Serealia Nomor : B.457/ TU.020/ C.3/ 08/ 2020 Tanggal 3 Agustus 2020. Sampai saat ini sudah teridentifikasi melalui CPCL seluas 846 Ha dan usulannya telah disampaikan ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Sehingga ini menjadi potensi yang membutuhkan komitmen bersama untuk mewujudkannya,” pungkas Bupati Eddy Berutu.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi, Jetun Tampubolon mengaku sangat mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan oleh Bupati Dairi Eddy Berutu untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang sebagai salah satu visi Agri Unggul di Kabupaten Dairi.

“Hal ini sangat sejalan dengan visi misi dari Karang Taruna Kabupaten yang saat ini sangat konsen di bidang Pertanian guna meningkatkan sektor Pertanian di Dairi dengan melibatkan para pemuda di Dairi dengan menciptakan para petani milenial. Kami yakin, dengan usaha kerja keras Pemkan dan dukungan dari semua pihak, pertanian di Dairi akan maju,” pungkas Jetun Tampubolon.

Leave a reply