Paduan Potensi Yang Luar Biasa Ada di Dairi

0
106

Masyarakat Dairi dan Pemerintah Kabupaten Dairi patut berbangga saat Kabupaten Dairi ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Tahun 2021 yang merupakan Program Nasional lanjutan yang diresmikan oleh Presiden Jokowi di bulan Mei 2020 lalu.

Dimana program Gernas BBI ini menurut Presiden Joko Widodo menjadi salah satu kunci Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang mengalami tekanan akibat Pandemi Covid-19. Yang artinya, program ini adalah sebuah hal yang serius bagi bangsa dan negara ini, karena menyangkut sebuah tatanan di bidang perekonomian untuk skala nasional. Sehingga keberhasilan dari program ini pun menjadi hal sangat penting. Dengan target dan capaian yang tentunya sudah terukur.

Dengan alasan tersebut, lokasi penyelenggaraan yang dipilih pun untuk meluncurkan Gernas BBI dengan program turunannya bertajuk ‘Beli Kreatif Danau Toba’, tidak ujug-ujug datang begitu saja. Tentu ada pertimbangan pemikiran yang sangat matang oleh pihak pemerintah pusat yang menjadi leading sektor dalam penyelenggaraan acara ini. Apalagi hajatan ini, secara langsung mendapat restu dari ‘Istana’ sehingga sedetail apapun rangkaian kegiatan pelaksanaan itu harus dilaporkan serasional mungkin, termasuk lokasi pelaksanaannya.

Tentu banyak yang bertanya, mengapa tuan rumahnya Kabupaten Dairi? Potensi apa yang dimiliki oleh Dairi? Apa daya tarik Dairi? dan pesona apa yang dapat dijual dari Dairi?

Pertanyaan ini spontan akan muncul, jika dibandingkan dengan 7 (tujuh) Kabupaten lainnya yang ada di Kawasan Danau Toba. Terlebih peluncuran Program Gernas BBI Tahun 2021 untuk periode bulan Februari bertemakan ‘Keindahan Lanskap dan Otentisitas Karya Ekonomi Kreatif di Danau Toba’ dengan memilih lokasi daerah di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba. Tentu untuk alasan ini, penentuan Kabupaten Dairi sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini, memenuhi kualifikasi, karena Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi yang merupakan titik lokasi penyelenggaraan acara ini berada di tepian Danau Toba.

Namun lebih dari itu, dari pandangan redaksi Dairi Pos, pemilihan Kabupaten Dairi sebagai tuan rumah bukan hanya karena lokasinya yang berada di tepian Danau Toba, namun didasari oleh potensi yang sangat luar biasa yang layak dikembangkan, sebagai salah satu wilayah yang berada di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

‘Gimik’ dari Presiden Joko Widodo dalam pidatonya, jika disimak secara utuh dan mendalam, sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengapa Kabupaten Dairi dipilih menjadi tuan rumah peluncuran Gernas BBI – Beli Kreatif Danau Toba. Terlebih, penekanan Presiden Joko Widodo atas fokus Gernas BBI 2021 ini lebih kepada pengembangan potensi daerah.

Ada sebuah pesan yang tersimpan dalam pidatonya saat membuka acara Peluncuran Gernas BBI – Beli Kreatif Danau Toba, yang membenarkan bahwa Kabupaten Dairi memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, yang mampu membangkitkan ekonomi daerah serta memulihkan ekonomi nasional dengan peluncuran Gernas BBI ini.

Sebagai seorang pecinta dan penikmat kopi dari yang sering terlihat di kesehariannya yang begitu gemar ngopi di berbagai tempat, tentu Presiden Joko Widodo dari jauh sebelumnya telah mengenal Kabupaten Dairi ini. Dalam pidatonya, ia memuji langsung kesohoran Kopi Sidikalang yang bahkan menurutnya sudah mendunia. Tidak lupa pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan Selamat kepada Bupati Dairi, sebagai tuan rumah perhelatan event nasional tersebut.

Menurutnya, jika produk lokal itu (Kopi Sidikalang) dipadukan dengan kecantikan alam dan bentangan danau vulkanik yang indah yang juga sudah dikagumi banyak negara tentu ini sangat layak digaungkan ke seluruh penjuru nusantara hingga dunia. Sehingga itu akan mampu membangkitkan ekonomi daerah dan memulihkan ekonomi nasional.

Jika diterjemahkan, inilah paduan potensi wisata dan potensi produk lokal yang menjadi potensi yang luar biasa yang dimiliki Kabupaten Dairi yang layak dikembangkan, apalagi kawasan ini salah satu bagian kawasan dari lima kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Pesan pidato pembuka dari Presiden Joko Widodo tersebut bisa dijadikan momentum untuk masyarakat Dairi dan Pemerintah Dairi dalam mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam Harmoni Keberagaman, jika potensi yang luar biasa ini bersama-sama kita kembangkan. Semoga!

*CATATANNOVEL merupakan Editorial dari Redaksi yang telah ditayangkan di Tabloid Dairi Pos Edisi Khusus Bulan Maret – BELI KREATIF DANAU TOBA, DARI DAIRI MENYAPA DUNIA

Leave a reply